Friday 12 December 2014

Tiga cinta yang menyiksa


Agar terhindar dari segala gundah, waspadalah terhadap tiga cinta.
1. cinta dunia, hingga lupa akhirat.
Dunia hanya fana, sementara. dunia hanya tempat bersinggah. mencintai tempat bersinggah hanya akan menimbulkan duka nestapa. yang kita tuju adalah kehidupan abadi yang tak akan lekang oleh masa.kehidupan yang hakiki dimana seluruh manusia tak akan lagi bersandiwara. itulah akhirat. cintai akhirat,dukamu di dunia tak ada apa-apanya.

2. Cinta hidup, hingga lupa mati.
kematian pasti datang. oarang yang mencintai hidup cenderung melupakan mati. ia menjadi orang yang disebut oleh Rosulullah sebagai wahn,yakni penyakit yang membuat orang yang terjangkit   menjadi cinta dunia dan takut mati. padahal dengan mengingat mati, manusia bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan tidak terlalu berduka di dunia. karena duka dunia pasti berakhir.

3. Cinta hidup, hingga lupa pencipta.
Lebih mencintai makhluk yang lemah ketimbang Tuhan yang Mahakuasa. lebih cinta dengan harta, jabatan, nama besar, popularitas diri, hingga lupan dengan pencipta. ketika semua makhluk yang dicintai itu hilang, berdukalah ia. tentu berbeda dengan orang yang menjadikan Tuhan sebagai cinta di urutan pertama. ketika semua makhluk yang dicintai hilang, ia tak terlalu berduka.karena ia masih punya Tuhan tempatnya menggantungkan segala cita dan asa. ia masih punya Zat yang Maha Mengabulkan doa.

Share:

0 comments:

Post a Comment